Selasa, 11 Desember 2012

BISNIS ONLINE


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
        Seturut perkembangan jaman yang menuntut perubahan di segala aspek kehidupan, peran serta masyarakat sangatlah penting guna membangun perubuhan menuju arah yang modern. Dunia perekonomian, merupakan salah satu dari berbagai aspek yang mengalami perkembangan guna memenuhi tuntutan jaman. Dalam dunia perekonomian, tidak pernah terlepas dari kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi merupakan segala kegiatan yang berhubungan dengan usaha perdagangan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang guna memperoleh laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang disebut bisnis.[1]
        Bisnis diera modern mengalami perkembangan yang pesat, mulai dari media yang digunakan dalam berbisnis maupun sesuatu yang diperdagangkan. Dulu, bisnis hanya dilakukan secara tatap muka, namun kini mulai muncul bisnis dengan media maya yang disebut bisnis online. Bisnis online merupakan bisnis yang kerap menjadi buah bibir dikalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan banyak merebaknya bisnis online. Oleh karena hal itu, penulis ingin membahas mengenai bisnis online.

1.2  Rumusan Masalah
        Berdasarkan latar belakang diatas, adapun rumusan masalah sebagai berikut:
1.      Apakah yang dimaksud dengan bisnis online ?
2.      Bagaimana kelebihan dan kekurangan binsis online ?
3.      Apakah kesalahan yang sering terjadi dalam berbisnis online ?

1.3 Tujuan Pembahasan
        Berdasarkan rumusan masalah di atas, adapun Tujuan pembahasan masalah sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui pengertian bisnis online.
2.      Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan bisnis online.
3.      Untuk mengetahui kesalahan yang sering terjadi dalam bisnis online.
4

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Bisnis Online
Add caption

Bisnis Online adalah segala sesuatu (bisnis/urusan/kepentingan/kegiatan) yang menggunakan media internet untuk memperoleh keutungan/profit.
Awalnya, media internet digunakan untuk mengiklankan sesuatu baik produk maupun jasa. Namun lambat laun, internet digunakan oleh banyak pihak untuk berbisnis. Berbisnis online selain mempermudah cakupan jangkauan konsumen, juga memberikan banyak keuntungan bagi pengusaha bisnis online. mengapa demikian?, alasannya karena, dalam media online, seorang pengusaha bisnis online tidak perlu membayar pajak untuk mempromosikan barang yang mereka jual, ataupun jasa yang mereka berikan.Oleh karena itu, berbisnis online sepenuhnya sangat menguntungkan bagi pengusaha online.
Selain menguntungkan, bisnis online juga banyak memiliki kekurangan, baik dari pengusaha, maupun konsumennya. Seperti halnya kesalahan yang dilakukan oleh pengusaha bisnis online.

2.2 Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online
            Sebuah usaha dalam berbisnis, tidak akan terlepas dari baik buruknya usaha tersebut. Oleh karena itu, suatu bisnis pasti memiliki kelebihan dan kekurangan dalam prosesnya. Jadi alangkah baiknya sebelum memulai berbisnis, kita mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya, adapun diantaranya:
2.2.1 Kelebihan Bisnis Online
          1. Target market lebih luas
Bayangkan saja kalau anda memasarkan bisnis MLM anda cuma secara offline, mungkin yang akan anda tawarin cuma teman, saudara, ataupun orang yang lewat di jalan. Dengan resiko, anda akan di cap sebagai sales ataupun di jauhin orang karena takut kalau dekat dengan anda, anda akan memaksa membeli produknya.

          2. Modal Relatif  Kecil
Dari segi ini mungkin ada yang membantah.. bisnis online juga butuh modal besar.. coba berapa biaya koneksi internet anda? Jika anda pergi ke warnet tiap hari.. ber jam-jam.. betul memang.. tetapi jika anda melakukannya dengan sebuah konsep semua biaya tersebut dapat di minimalkan.. dan ingat, modal untuk gabung di bisnis online relatif lebih murah di banding bisnis offline yangharus keluar jutaan rupiah.

3. Pengembangan jaringan Lebih cepat
Inilah kelebihan bisnis online yangs sangat nyata.. pengembangan jaringan lebih cepat di bandingkan bisnis offline.. karena prospek anda andalah semua pengguna internet di seluruh dunia.

4. Resiko lebih kecil
Kenapa saya bilang bisnis online resikonya lebih kecil? Dari sisi bergabung lebih jelas biayanya lebih murah.. jadi, walaupun anda tidak berhasil anda tidak akan rugi terlalu besar..

2.2.2 Kekurangan Bisnis Online
          1. Koneksi Internet Mahal
          Modal yang utama tentunya adalah koneksi internet, yang di Indonesia masih tergolong
          mahal.
         
          2. Perlunya Koneksi Yang Luas
          Penjual bisnis online, perlu memperhatikan pergaulannya dalam masyarakat. Mereka
          perlu memiliki koneksi yang luas agar banyak pembeli dan tidak dikatakan kuper.

          3. Sulitnya Membangun Kepercayaan
          Kepercayaan merupakan modal utama untuk melakukan suatu transaksi. Tanpa
          kepercayaan, konsumen akan takut atau ragu untuk melakukan transaksi.

2.3 Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Bisnis Online
1. Mencari Alasan Untuk Membenarkan Kegagalan Penjual
Membenarkan kelemahan atau kekurangan diri dan menganggap bahwa kegagalan penjual tidak disebabkan oleh kesalahan mereka dengan jalan melemparkan kesalahan itu kepihak lain.

2. Tidak Menghiraukan Relasi Langganan
Salah satu kesalahan penjualan yang terbesar dewasa ini adalah mengabaikan pemasaran dikalangan relasi-relasi langganan. Maksudnya penjual tidak memiliki hubungan yang baik dengan pembelinya. dengan kata lain, penjual hanya berkomunikasi ketika pemesanan dan kedatangan barang jualannya.

3.Acuh Terhadap Orang Lain Yang Berpengaruh Pada Pembelian
Dipandang dari segi teknik, penawarannya boleh dikatakan sangat ideal. tetapi dari segi psikologi gagal total. Hal ini disebabkan karena penjual tersebut telah memandang produsen(dalam penjualan barang) sebagai orang yang betul-betul sangat berkuasa dan bahwa segala keputusan produksi hanya dialah yang menentukan. Oleh karena itu, penjual tidak memperhatikan kemauan pembeli.

4.Menjual Tanpa Mengenal Calon Pembeli
Penjual hanya memiliki pikiran tentang keuntungan yang di dapat, tanpa mempertimbangkan pembeli itu, apakah pembeli itu serius atau tidak. sehingga terkadang terjadi kesalahan dalam transaksi. Orang yang mau mengorbankan waktu dan berusaha mencari informasi serta mengumpulkan data tentang calon pembelinya. Dia pasti berhasil dalam penjualan

5.Tidak Menyajikan Produk Dengan Ramah
Penjual yang menyajikan barang-barang dagangannya dengan sembarangan dan kasar, secara otomatis berarti memberi kesan buruk. calon pembeli akan menerimanya dengan acuh tak acuh pula, bahkan menghilang sebelum transaksi dilakukan.

6.Berusaha Menyamakan Diri Dengan Penjual Lainnya
Banyak penjual yang takut dirinya berbeda dengan yang lain adalah suatu kesalahan dalam dunia penjualan. Mereka berusaha menyamakan diri dengan penjual-penjual yang lain sehingga menjadi persis dengan mereka. Mereka benar-benar kelihatannya berusaha supaya tidak bisa dibedakan dari yang lain dengan sistem penjualan yang sama dengan penjual yang lain.

7. Menghindari Langganan Yang Tidak Puas
Begitu banyak penjual yang tidak memperhatikan keluhan langganan. Mereka secara terus-menerus menundanya, berharap bahwa bagaimanapun juga rasa tidak puas itu akan hilang tertiup angin. Inilah pemikiran kekanak-kanakan dan mahal. berjuta-juta rupiah dalam rekening hilang setiap tahun, karna penjual tidak menyelidiki ketidakpuasan langganan dan tidak mau mengambil langkah-langkah untuk melenyapkannya.

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
       Bisnis online adalah bisnis yang dilakukan melalui media maya. Dalam bisnis ini, memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan guna membuat bisnis berjalan baik dan memperoleh laba yang diharapkan. Namun selain itu, kita juga perlu menghindari kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam berbisnis online.

3.2 Saran
        Bagi pembaca, sebelum membuat suatu bisnis, sebaiknya mempertimbangkan segala resiko yang akan dihadapi di kemudian hari, supaya bisnis yang akan dijalankan berjalan sesuai dengan harapan.
        Bagi penulis, penulis menyadari banyak kekurangan dalam makalah ini, oleh sebab itu kritik dan saran anda berguna bagi penulis guna menunjang kesempurnaan makalah ini.




REFERENSI
S.Pd., BA, Mahmud Machfoedz. 2005. Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta: ANDI   
        Yogyakarta.
http://www.pojokwebsite.com/tentang-bisnis-online.html



KELOMPOK:
1. Shyeren Jeffina Wijaya (12.8361)
2. Debby Amelia (12.8416)
3. Rezita Amalia Noor (12.8329)
4. Shella fransiska (12.8436)
5. Raditya Ayu Tri Wandani (12.8405)

1 komentar: